PENGARUH MEDIA VISUAL CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Main Authors: PRATAMA, DENI RIO, Hasnawati, Hasnawati, Muktadir, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14632/1/SKRIPSI%20DENI%20RIO%20PRATAMA%20%28A1G013089%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14632/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual cerita bergambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, di mana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlagsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 87,11 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 80,00. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t sebesar 2,68 lebih besar dari nilai t hitung 2,01. Berarti H tabel a diterima. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.