ANALISIS KRITIS IKLAN MAGNUM CLASSIC (Kajian Semiologi Roland Barthes dalam Menanamkan Budaya Konsumerisme)

Main Authors: Novitasari, Dian, Dwi, Aji Budiman, Alfarabi, Alfarabi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1463/1/Skripsi%20Dian%20Novitasari-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1463/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep mitos budaya konsumerisme yang berusaha ditanamkan dalam iklan Magnum Classic dengan menggunakan semiologi Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis Roland Barthes. Hasil penelitian terhadap 16 scene iklan Magnum Classic, peneliti menemukan bahwa pengiklan melalui iklan ini berusaha membangun beberapa mitos budaya konsumerisme ditataran individu konsumen Magnum, antara lain: mitos Magnum sebagai prestise dalam budaya konsumerisme, mitos Magnum sebagai produk unggul bila dibandingkan dengan produk sejenis, produk Magnum membangun mitos brand Eropa dengan Belgian Cokelat pada tampilan iklan, mitos Magnum sebagai produk yang mewah dan berkelas, serta mitos bahwa Magnum memberikan citra istimewa kepada konsumennya.