PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT KODOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 49 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Apriani, Citra, V. Karjiyati, V. Karjiyati, Resnani, Resnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14625/1/CITRA%20APRIANI.pdf http://repository.unib.ac.id/14625/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara permainan tradisonal lompat kodok terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD N 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatmen) pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 49 Kota Bengkulu, yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (79,07) lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol (69,67) dan didapat hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan t hitung sebesar 3,20 dan t sebesar 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan thitung >ttabel, yang artinya hipotesis asli (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional lompat kodok terhadap hasil belajar aspek kognitif pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SD N 49 Kota Bengkulu. tabel