PENYIMPANGAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI 73 KOTA BENGKULU

Main Authors: Lestari, Ayu Sri, Lusa, Herman, Wurdjinem, Wurdjinem
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14616/1/SKRIPSI%20AYU%20SRI%20LESTARI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14616/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyimpangan kesantunan berbahasa anatarsiswa dan siswa dengan guru dalam proses pembelajaran siswa di kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 73 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik rekam. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian mengenai penyimpangan kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran siswa di kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 73 Kota Bengkulu yaitu (1) untuk penyimpangan kesantunan berbahasa antarsiswa ditemukan data percakapan penyimpangan kesantunan berbahasa 28 data percakapan (2) untuk penyimpangan kesantunan berbahasa antara siswa dengan guru ditemukan 1 data percakapan yang mengandung penyimpangan kesantunan berbahasa, dan ditemukan lebih banyak penyimpangan kesantunan berbahasa yaitu memojokkan mitra tuturnya sebanyak 18 data percakapan serta penyimpangan maksim penghargaan sebanyak 18 data percakapan. Semua data percakapan tersebut disimpulkan dengan melihat konteks tuturan yang melatari peristiwa tutur. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penyimpangan kesantunan berbahasa antarsiswa masih banyak siswa yang kurang santun dan siswa dengan guru sudah menampakan kesantunan berbahasa.