STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA MONTASE PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IVC SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Umahat, Anisya’u Khairul, Hasnawati, Hasnawati, Tarmizi, Pebrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14614/1/ANISYA%27U%20KHAIRUL%20UMAHAT%20SKRIPSI%20%28A1G013087-PGSD-FKIP-UNIB%29.pdf http://repository.unib.ac.id/14614/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan karya montase pada mata pelajaran SBdP kelas IVC SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah hasil reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pada proses pembuatan karya montase, semua kelompok mempersiapkan alat dan bahan. Pengguntingan gambar dilakukan karena gambar belum mengalami pemotongan. Saat penyusunan, banyak siswa mengalami kesulitan. Saat pengeleman, kelompok 1 tidak mengoleskan lem secara rata. Semua kelompok telah menambahkan warna pada karya montase. (2) Pada karya montase, unsur gelap terang tidak terlihat dalam karya kelompok 6. Prinsip irama tidak terlihat pada karya kelompok 4. Prinsip keutuhan tidak terlihat pada karya kelompok 5. Prinsip keseimbangan kurang terlihat pada karya kelompok 4 dan 5. Unsur dan prinsip lain telah terlihat dalam karya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembuatan karya montase dimulai dengan persiapan (pengumpulan bahan montase, alat, bidang dasaran dan bahan pembantu) lalu langkah kerja (penyusunan gambar, pengeleman serta pewarnaan), (2) Karya yang dibuat oleh siswa telah memiliki beberapa unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa.