PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP KEBERADAAN OBYEK WISATA TAMAN SATWA DI RUANG TERBUKA HIJAU KOTA BENGKULU

Main Authors: Kusmadi, Kusmadi, Senoaji, Gunggung, Deselina, Deselina
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14606/1/Kusmadi%20.pdf
http://repository.unib.ac.id/14606/
Daftar Isi:
  • Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Karateristik pengunjung Pengunjung objek wisata Taman satwa pada umumnya dari kelompok 16-25 (41%), jenis kelamin tidak menunjukkan nilai yang jauh hal ini karena Taman Satwa mudah dijangkau, berasal dari daerah kota bengkulu (78%), tingkat pendidikan terakhir SMA (69%), memiliki pekerjaan sebagai pelajar dan mahasiswa (51%), motivasi pengunjung yang meliputi frekuensi kunjungan lebih dari 3 berkunjung (48%), tujuan kunjungan menikmati suasana taman (57%), group kunjungan bersama teman (60%) dan bersama keluarga (39%), asal informasi dari teman/saudara (75%) dan lainnya (23%) merupakan responden yang memang sudah tahu karena tinggal di sekitar taman, transportasi umumnya yang digunakan adalah kendaraan pribadi (96%) karena mudah dijangkau, aktivitas di taman umumnya menikmati kesejukan taman (57%) karena cocok untuk bersantai dan (22%) lainnya membawa anak untuk bermain. 2. Deskripsi daya tarik wisata Letak taman satwa yang berada disekitar kota sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata karena aksebilitas menuju kawasan mudah dijangkau, tetapi dari segi daya tarik utama taman yaitu satwa kurang menarik. Hal ini karena satwanya yang kurang terurus dan sedikitnya satwa membuat kurangnya minat pengunjung untuk berekreasi ke lokasi taman. Sedangkan ditinjau dari tanaman jenis pohon, taman sudah dapat menawarkan suasana, kesejukan dan kenyaman untuk bersantai. 3. Persepsi pengunjung Persepsi pengunjung mengenai daya tarik taman (78%)ketertarikan akan suasana dan kesejukan yang diciptakan taman, fasilitas taman sudah memadai hal ini terlihat dari pernyataan pengunjung sebanyak (80%), pelayanan pengelola sudah baik dengan (91%) pernyataan pengunjung, sebanyak (66%) pengunjung menyatakan kebersihan taman baik, aksebilitas menuju taman mudah dijangkau (61%) dan sangat (mudah 39%), pengunjung menyatakan penyediaan informasi memadai (71%), sistem keamanan dalam taman pengunjung menyatakan aman (86%), pengunjung menyatakan harga tiket murah (76%), dari hasil pengamatan dan hasil kusioner pengunjung menyatakan akan berkunjung kembali sebanyak (100%).