EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN BIDANG SENI TARI DI KELAS III SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU

Main Authors: Novikasari, Agustini, Anggraini, Dwi, Agusdianita, Neza
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14598/1/SKRIPSI%20AGUSTINI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14598/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas III di SD Negeri 68 Kota Bengkulu dan bagaimana hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor siswa kelas III tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantatif dengan teknik persentase. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah siswa kelas III B SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan lembar tes pilihan ganda, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif ada 17 siswa dari 24 siswa yang berada di kategori mampu dengan persentase 70,83%, kategori tidak mampu ada 7 siswa dengan persentase 29,16%. Pada nilai afektif siswa pada kategori mampu ada 16 siswa dengan persentase 66,67%, kategori tidak mampu ada 8 siswa dengan persentase 33,33%. Pada aspek psikomotor siswa yang berada pada kategori mampu ada 15 siswa dengan persentase 62,5% dan pada kategori tidak mampu ada 9 siswa dengan persentase 37,5%. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada tiga aspek tersebut beragam. Siswa yang mendapatkan nilai kognitif baik, belum tentu mendapatkan nilai yang baik pula pada afektif dan psikomotor.