STUDI DESKRIPTIF FUNGSI EKSTRAKULIKULER SENI TARI BAGI SISWA SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Main Authors: Stevani, Ade, Anggraini, Dwi, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14597/1/Ade%20Stevani%20%28A1G013025%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14597/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi ekstrakulikuler seni tari bagi siswa SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian deskriptif naturalistik. Subjek penelitian ini adalah Pembina esktrakulikuler seni tari dan siswa anggota kegiatan ekstrakulikuler seni tari. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display),verifikasi data (coclusion drawing/verification) dan penarikan kesimpulan (verification data). Pengujian keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, membercheck dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan fungsi ekstrakulikuler seni tari yang meliputi aspek 1) fungsi pengembangan, 2) fungsi sosial, 3) fungsi rekreatif, ketiga fungsi tersebut sudah terlaksana, namun ada beberapa indikator dalam fungsi ekstrakulikuler seni tari ini yang belum terlaksana, yaitu fungsi pengembangan pada indikator pembentukan karakter disiplin. Pada indikator ini pembentukan karakter siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seni tari banyak datang terlambat karena sebelum jadwal ekstrakulikuler seni tari ini ada kegiatan kebersihan kelas masingmasing sehingga siswa banyak yang datang terlambat dan ada siswa yang masih di kantin dan istirahat. Oleh sebab itu hendaknya harus ada jeda antara kegiatan kebersihan kelas dengan kegiatan ekstrakulikuler seni tari, agar indikator pembentukan karakter disiplin terlaksana.