PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KEPALA BABI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA P ADA P EMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MIN 1 TANJUNG AGUNG KOTA BENGKULU
Main Authors: | Gustiningsih, Ade, Gunawan, Ansyori, Agusdianita, Neza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14595/1/SKRIPSI%20ADE%20GUSTININGSIH.pdf http://repository.unib.ac.id/14595/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar melalui permainan tradisional Kepala Babi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II MIN 1 Tanjung Agung Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental research). Desain penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest Group Design, pada desain ini dilakukan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN 1 Tanjung Agung Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang terpilih yakni kelas II A sebagai kelas eksperimen, dan kelas II C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan ganda yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlagsung). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil uji-t nilai t sebesar 2,390 dan t tabel hitung sebesar 2,021. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 68,81 dan rata-rata nilai posttest sebesar 79,11. Menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional kepala babi terhadap hasil belajar siswa kelas II MIN 1 Tanjung Agung Kota Bengkulu pada pembelajaran tematik siswa.