KESESUAIAN KOMPONEN PEMBELAJARAN DENGAN STANDAR KOMPETENSI DALAM KURIKULUM PAUD DI TK ISLAM ALAZHAR 50 KELAS A KOTA BENGKULU

Main Authors: Yulinda, Nova, M. Izzudin, M. Izzudin, Riskan, Riskan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14575/1/Skripsi%20NOVA%20YULINDA.pdf
http://repository.unib.ac.id/14575/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui kesesuaian komponen pembeljaran dengan standar kompetensi dalam kurikulum PAUD di TK Islam Al Azhar 50 Kelas A Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan pendidik kelas A TK Islam Al Azhar 50 Kota Bengkulu. Untuk membuktikan keabsahan data dilakukan pengecekan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik, tempat, dan trianggulasi waktu. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kesesuaian komponen pembelajaran dengan standar kompetensi dalam kurikulum PAUD di TK Islam Al Azhar 50 Kelas A Kota Bengkulu sudah sesuai dilihat dari bahan ajar yang digunakan di TK Islam Al Azhar 50 kelas A Kota Bengkulu sudah sesuai dengan standar kompetensi dalam kurikulum PAUD yang mana bahan ajar disesuai dengan perkembangan kemampuan anak dalam mengembangkan seluruh aspek-aspek perkembangan anak. Metode yang digunakansudahsesuaidengankomponenpembelajarandanstandarkompetensidalam kurikulum PAUD, metode yang digunakantidaktersurattetapitersirat. Proses pelaksanaan pembelajaran di TK Islam Al Azhar 50 kota Bengkulu suadah sesuai dengan standar kompetensi dalam kurikulum PAUD yang mana proses pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilakukan melalui pembelajaran langsung dan tidak langgsung. proses pembelajaran dilaksanakan tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sumber belajar di TK Islam Al Azhar 50 kota Bengkulu sudahsesuaidenganstandarkompetensiyang manaseumberbelajarpendidik/guru sudahmemilikiempatkompetensiyaitukompetensipedagogis, kompetensikepribadian, kompetensisosial, kompetensiprofesional.