PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI BIMBINGAN BELAJAR F3 PRIVATE KOTA BENGKULU

Main Authors: Sartika, Dina, Jasma, Suardi, Parlan, Parlan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14529/1/Skripsi%20DINA%20SARTIKA.pdf
http://repository.unib.ac.id/14529/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaa pembelajaran di bimbingan belajar f3 private kotang Bengkulu. sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dalam penentuan bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang ditetapkan, evaluasi pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang ditetapkan di bimbingan belajar f3 private kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. subjek penelitian meliputi direktur, pendidik, dan peserta didik di bimbingan belajar f3 private kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa : pertama perencanaan, dalam penentuan bahan ajar tidak semua tahapan perencanaan dilakukan, Adapun perencanaan dalam penentuan bahan ajar yaitu, menyiapkan guru, siswa mendaftar, mencocokkan jadwal belajar, persiapan materi belajar dari guru, merumuskan tujuan pembelajaran sebelum siswa belajar, melibat guru dan siswa dalam menentukan bahan ajar namun kebanyakan dari siswa dengan disesuaikan materi siswa di sekolah, menentukan pendidik, terdapat kriteria pendidik, melakukan promosi bimbingan belajar kepada siswa, terdapat kriteria peserta didik, menggunakan metode dan media sesuai dengan guru bidang studi masing-masing, melaksanakan evaluasi 3 bulan sekali dan pada saat berlangsungnya pembelajaran. Kedua pelaksanaan, bimbingan belajar f3 private kota Bengkulu pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang ditetapkan dengan melaksanakan waktu pertemuan pembelajaran, mengawali pembelajaran dengan membaca doa, pembahasan materi yang diutamakan permintaan siswa, menerapkan metode dan media pembelajaran, penataan kelas belajar seperti duduk lesahan, melakukan kegiatan tanya jawab, mengadakan evaluasi, membaca doa penutup dan absensi. Ketiga evaluasi, melakukan evaluasi pembelajaran yang menggunakan bahan ajar yang ditetapkan yaitu bahan ajar yang dievaluasi sesuai dengan mata pelajaran yang diambil dan yang telah dipelajari, menggunakan alat evaluasi yang dibuat oleh guru, terdapat penilaian evaluasi namun rekap hasil penilaian tidak diberikan oleh pengelola, bentuk soal yang digunakan yaitu dalam bentuk soal.