IMPLEMENTASI KONSEP MULTIPLE INTELEGENCES PADASENTRA PEMBELAJARAN DI PAUD DELLIA CREATIVE SCHOOL KOTA BENGKULU
Main Authors: | Safitri, Dewi Yuliana, Suratman, Asep, Zainal R, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14521/1/SKRIPSI%20DEWI%20YULIANA%20SAFITRI.pdf http://repository.unib.ac.id/14521/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi konsep multiple intelligences pada sentra pembelajaran yang ada di PAUD Dellia creative school dan (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep multiple intelligences pada sentra pembelajaran di PAUD Dellia creative school. Implementasi konsep multiple intelligences pada sentra pembelajaran diartikan sebagai suatu proses penerapan inovasi metode pembelajaran pada anak usia dini menggunakan sentra yang berbasis pada kecerdasan jamak anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola/kepala sekolah dan pendidik PAUD Dellia creative school. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi konsep multiple intelligences pada sentra pembelajaran di PAUD Dellia creative school dilakukan dalam tiga tahap: (a) perencanaan meliputi pembuatan RKH dan RKM, akan tetapi belum tertulis di dalam RKH macam kecerdasan jamak yang dikembangkan; (b) pelaksanaan meliputi 4 pijakan yaitu yang pertama pijakan lingkungan main, kedua pijakan pengalaman sebelum main, k e t i g a pijakan pengalaman saat main dan t e r a k h i r pijakan pengalaman setelah main. Kecerdasan jamak yang dikembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang ditawarkan oleh pendidik; (c) penilaian dilakukan dengan teknik observasi, ceklis, anekdot dan pemberian tugas yang dikemas dalam laporan tengah semester dan akhir semester. 2) faktor pendukung dalam dalam implementasi konsep multiple intelligences pada sentra pembelajaranyaitu: (a) alat dan bahan main disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan anak; (b) kerjasama pendidik, karyawan dan orang tua wali PAUD Dellia creative school yang baik, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) mood peserta didik yang berubah-ubah; (b) kurangnya SDM pengajar.