MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MIND MAPPING DI KELOMPOK B2 PAUD IT ULUL ALBAAB KOTA BENGKULU

Main Authors: Arimbi, Yurike Dwi, Saparahayuningsih, Sri, Ardina, Mona
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14501/1/SKRIPSI%20YURIKE%20DWI%20ARIMBI%20%28A1I013008%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14501/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan mind mapping dapat meningkatkan perkembangan kognitif di kelompok B2 PAUD IT Ulul Albaab Kota Bengkulu?. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan mind mapping di kelompok B2 PAUD IT Ulul Albaab Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dengan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat penilain unjuk kerja anak, observasi untuk guru dan portofolio. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar. Penelitian ini terbukti bahwa dengan kegiatan mind mapping dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Terbukti dari hasil rata-rata perkembangan kognitif anak pada siklus I mencapai nilai rata-rata 3,70 dengan ketuntasan klasikal 74% berada pada kriteria Baik, kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 4,27 dengan ketuntasan klasikal 85,4% berada pada kriteria Baik. Saran bagi guru agar dapat menggunakan kegiatan mind mapping untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak.