MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AWAL MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Negeri Pembina 2 Kota Bengkulu)

Main Authors: Aida, Siti, Nasirun, Nasirun, Suprapti, Anni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14498/1/Skripsi%20Siti%20Aida.pdf
http://repository.unib.ac.id/14498/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode SAS dalam penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca awal anak melalui metode SAS dalam penggunaan media audio visual. Metode penelititan yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan 4 kali. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik unjuk kerja sedangkan analisis data menggunakan rata-rata untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Penelitian ini terbukti bahwa melalui metode SAS dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca awal. Terbukti dari hasil rata-rata keterampilan membaca awal pada siklus I rata-rata mencapai 3,57 dalam kategori baik sedangkan pada siklus ke II rata-rata mencapai 4,26 juga dalam kategori baik. Dari hasil penelitian pada aspek kejelasan suara sudah dalam kategori baik namun pada aspek kelancaran masih ada anak yang belum lancar dalam membaca kalimat sederhana. Saran kepada guru agar dalam pembelajaran membaca kalimat sederhana untuk aspek kelancaran lebih diperhatikan.