MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AWAL MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PUZZLE KATA Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B PAUD Istiqomah Selupu Rejang
Main Authors: | RISHANTIE, SHINTA ANGGRAINI, Saparahayuningsih, Sri, Yulidesni, Yulidesni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14495/1/SKRIPSI%20%28Shinta%20Anggraini%20Rishantie%29%202017.pdf http://repository.unib.ac.id/14495/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui metode bermain dengan menggunakan media puzzle kata mampu meningkatkan keterampilan membaca awal pada anak kelompok B PAUD Istiqomah Selupu Rejang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca awal anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk anak dan observasi untuk guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik uji rata-rata. Hasil yang diperoleh adalah mampu meningkatkan keterampilan membaca awal. Pada siklus I mencapai rata-rata 3,6 dengan krit eri a “ Baik”, meningkat p ada sikl us II dengan rata-r ata menc apai 4,5 dengan krit e ria “B aik” . Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini hanya mengalami peningkatan secara kuantitatif sedangkan secara kualitatif memperoleh hasil yang tetap. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan metode bermain dengan media puzzle kata sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca awal anak.