ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PISANG MULI (Musa acuminata) DI DESA BATU BELANG DUA KABUPATEN OKU SELATAN PROVINSI SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Armanda, Tiara Elvira Rizki, Romdhon, Mustopa, Sriyoto, Sriyoto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14452/1/Tiara%20Elvira%20Rizki%20Armanda%20NPM.pdf http://repository.unib.ac.id/14452/ |
Daftar Isi:
- Kabupaten OKU selatan merupakan sentra produksi buah pisang. Produktivitas pisang di Kabupaten OKU selatan ini lebih tinggi dari pada produksi jenis buah lainnya. Pisang dibudidayakan oleh petani sebagai sumber pendapatan bagi keluarga petani. Aspek lain yang menentukan proses pertukaran yang meliputi kegiatan untuk memindahkan produksi pisang dari produsen (petani) yaitu aspek pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan usahatani Pisang Muli, mengidentifikasi bentuk saluran pemasaran, marjin dan efisiensi pemasaran Pisang Muli di Desa Batu Belang Dua Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Penelitian berlangsung 7 Mei sampai dengan 1 Juni 2016 yang berlokasi di Desa Batu Belang Dua Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem acak atau “Random Sampling” dengan sampel sebanyak 55 responden. Pengambilan data saluran pemasaran dan lembaga pemasaran menggunakan “Snowball Sampling”. Alat analisis untuk pendapatan dengan menggunakan analisis pendapatan, dan untuk saluran pemasaran dan marjin pemasaran. Pendapatan rata-rata yang diperoleh petani dari usahatani Pisang Muli di Desa Batu Belang Dua Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan adalah sebesar Rp.29.614.811,63/Th/UT atau Rp.19.981.815,4/Th/Ha.Terdapat tiga saluran pemasaran didaerah penelitian. Total marjin saluran paling panjang yaitu sebesar Rp.10.800/Kg. Saluran pemasaran di Desa Batu Belang Dua sudah efisien, saluran yang paling efisien adalah saluran II dengan nilai rasio keuntungan sebesar 12,32. Kata Kunci : Pisang Muli, Pendapatan, Pemasaran, Marjin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.