PELAKSANAAN PEMBELAJARANAGAMA DI KELOMPOK B3 PAUD NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Kelompok B3 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu)

Main Authors: Nopliyanti, Ecu, Nasirun, Nasirun, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14428/1/SKRIPSI%20ECU%20NOPLIYANTI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14428/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran agama di kelompok B3 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu meliputi penerapan nilai-nilai aqidah, penerapan nilai-nilai ibadah, dan penerapan nilai-nilai akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran agama terhadap anak-anak di kelompok B3 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran agama kurang, dilihat dari penerapan nilai-nilai aqidah sangat kurang, penerapan nilai-nilai ibadah cukup, dan penerapan nilai-nilai akhlak baik. Oleh karena itu disarankan kepada guru yang mengajar di kelompok B3 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu untuk dapat mencari metode yang baru dalam melaksanakan pembelajaran agama untuk mengembangkan nilainilai agama baik nilai-nilai aqidah, nilai-nilai ibadah ataupun nilai-nilai akhlak, agar materi yang diajarkan mudah dipahami oleh anak-anak dan bisa menjadi pembelajaran yang lebih efisien dan lebih baik lagi kedepannya. Peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian pada penelitian kualitatif tentang pelaksanaan pembelajaran agama.