PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD MEKAR SARI PENARIK MUKOMUKO
Main Authors: | Nainggolan, Dewi, Sumarsih, Sumarsih, Delrefi, Delrefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14426/1/SKRIPSI%20DEWI%20NAINGGOLAN%20A1I013010%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/14426/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak di PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group PretestPosttest Design. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A1 dengan jumlah 14 anak PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko tahun ajaran 2016/2017. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tekhnik analisis data menggunakan Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini, dengan hasil yaitu χ2 = 28 lebih besar dari χ2 pada siginifikansi 5%= 22,362. Hal ini berarti bahwa metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan hitung tabel membaca permulaan anak. Saran bagi guru agar dapat menggunakan metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.