FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Agusman, Reazi, Irnad, Irnad, Suryanty, Melli
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14413/1/Skripsi_Full_FIX.pdf
http://repository.unib.ac.id/14413/
Daftar Isi:
  • Loyalitas adalah komitmen yang kuat dari pelanggan untuk belangganan kembali atau melakukan pembelian berulang produk/jasa yang disukai secara konsisiten dimasa yang akan datang. Meskipun pengaruh pemasaran mempunyai potensi untuk menimbulkan prilaku untuk berpindah. Extended marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, pyshical evidence, dan proces menjadi dasar dalam suatu pemasaran. Extended marketing mix menjelaskan pengaruh untuk produk maupun pelayanan jasa oleh perusahaan. Harapan konsumen yang ada dimasyarakat dan pemasaran yang oleh perusahaan menjadi penentu tingkat kepuasan konsumen, tingkat kepuasan konsumen inilah yang menentukan apakah konsumen akan loyal atau tidak. Selain Extended marketing mix faktor demografi (demographic) mempunyai kemungkinan dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen yang terdiri dari faktor umur dan pendapatan. Restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan cepat saji. KFC pertama kali dioperasikan di Kota Bengkulu pada tahun 2007. Outlet pertama dibuka di Jl. Mayjend Suprapto Bengkulu dan mendapatkan sikap positif dari masyarakat dan saat ini telah membuka outlet kedua di Bencoolen Mall (BIM) yang berada di Jl. Penurunan Bengkulu. KFC sangat memperhitungkan setiap bauran pemasaran yang ada untuk memuaskan konsumennya, saat ini jumlah karyawan mencapai 23 Karyawan untuk outlet di Jl. Mayjend Suprapto dengan intensitas pengunjung 14.000 tiap bulannya. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dimana data primer yaitu diperoleh dari wawancara secara langsung dengan responden dengan menggunakan daftar pertanyaan atau kuesioner. Data sekunder berupa data-data penunjang dalam penelitian ini dari hasil penelitian sebelumnya atau buku serta literature yang relevan dengan penelitian ini yang dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan uji Structral Equation Modelling (SEM), uji Confirmatory Factor Analysis (CFA) ke-1 didapatkan terdapat dua variabel manifes yang dihapus yaitu Promotion (X4) dan People (X5) nilai loading factor < 0.5 sehingga kedua variabe tidak valid. Uji CFA ke-2 dengan membandingkan nilai t-hitung dan t-value didapatkan H1 (Extended Marketing Mix berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen), H3 (Extended Marketing Mix berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen) , H5 (Kepusasan Konsumen berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen) diterima dan H2 (Demographic berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen) dan H4 (Demographic berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen) ditolak. Extended Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas baik secara hubungan langsung dan hubungan tidak langsung dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Sedangkan faktor demografi tidak berpengaruh signifikan secara hubungan langsung dan hubungan tidak langsung terhadap loyalitas.