A COMPARATIVE STUDY ON INTROVERT AND EXTROVERT STUDENTS PERSONALITY IN ENGLISH LISTENING SCORES
Main Authors: | Travolta, Yessi, Mulyadi, Mulyadi, Imranuddin, Imranuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14366/1/Yessi_Travolta_A1B013026.pdf http://repository.unib.ac.id/14366/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa introvert dan extrovert terhadap hasil nilai mendengarkan Bahasa Inggris mereka dan mencari tahu siswa introvert atau extrovert yang mempunyai nilai yang lebih baik dalam skor mendengarkan Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif komparatif. Sampel pada penelitian ini adalah 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa introvert dan 33 siswa extrovert dari siswa semester empat Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu. Intrumen penelitian ini adalah kuisoner kepribadian dari Laney (2002) yang digunakan untuk menentukan kepribadian introvert dan extrovert, dan tes simulasi TOEIC digunakan untuk mencari tahu skor mendengarkan siswa. Peneliti menggunakan SPSS Independent Group t-test dengan tingkat signifikan 0.05. Hasil analisis menyatakan bawha Sig. P (2-tailed) adalah 0.003 > 0.05. Selanjutnya, hasil penghitungan menunjukkan bahwa skor rata siswa introvert adalah 364.39, dan skor rata-rata siswa extrovert adalah 322.12. Oleh karena itu, skor rata-rata siswa introvert lebih tiggi daripada siswa extrovert, Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini adalah (1) Adanya perbedaan yang signifikan antara siswa introvert dan extrovert terhadap nilai mendengarkan Bahasa Inggris, (2) Siswa introvert mempunyai nilai yang lebih baik dalam mendengarkan Bahasa Inggris daripada siswa extrovert.