English Learners’ Strategy in Learning Speaking Skill (A Study of Undergraduate Students of the English Education Study Program at Universitas Bengkulu in the 2016/2017 academic year)
Main Authors: | Trialoka, Venti Septika, Puspita, Hilda, Sabarudin, Syafrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14365/1/SKRIPSI%20VENTI%20FULL.pdf http://repository.unib.ac.id/14365/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-stategi yang diguakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun akademik 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa yang merupakan 25% dari total populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Angket tersebut terdri dari 30 pernyataan tentang strategi belajar berbicara bahasa Inggris yang berdasarkan teori dari O’Malley and Chamot (1990) yang terdiri dari tiga kategori dari strategi berbicara bahasa Inggris. Ketiga kategori tersebut yaitu, strategi metakognitif, kognitif, dan sosial afektif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan adaptasi dari angket Liao and Chiang (2004). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan seluruh kategori dari strategi berbicara bahasa Inggris tersebut. Strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar berbicara bahasa Inggris adalah strategi sosial afektif.