THE EFFECT OF USING POWERPOINT MODIFIED PICTURES IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 22 KOTA BENGKULU IN 2016/2017 ACADEMIC YEAR

Main Authors: Susilo, Tri, Kasmaini, Kasmaini, Damayanti, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14361/1/SKRIPSI%20-%20TRI%20SUSILO%20%28A1B013040%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14361/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar yang dimodifikasi dengan powerpoint sebagai media pembelajaran menulis teks deskripsi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 dengan total siswa sebanyak 66 siswa. Sample dari penelitian ini diambil dengan teknik purposive sample. Dengan menggunakan teknik tersebut, 42 anak diambil sebagai sampel. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, kelompok experimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test menulis. Sebelum melakukan perlakuan, pre-test dilakukan untuk mengetahui nilai awal dari dua kelompok. Setelah memberi perlakuan terhadap dua kelompok tersebut, kemudian post-test dilakukan pada dua kelompok tersebut. Berdasarkan analisis dari post-test, ditemukan bahwa nilai t-hitung > t-table (4,66 > 2,021). Hasil ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok tersebut. Ini berarti bahwa hipotesis nol (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dalam kata lain, gambar yang dimodifikasi dengan powerpoint memiliki pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis siswa. Penggunaan gambar yang dimodifikasi dengan powerpoint dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis terutama dalam menulis teks deskripsi. Oleh sebab itu, teknik ini dapat diaplikasikan oleh guru sebagai media pembelajaran dalam menulis teks deskripsi.