THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN ENGLISH LESSON PLANS ( A Case Study at SMA Negeri 1 Kota Bengkulu in 2016/2017 Academic Year )
Main Authors: | Sari, Sylvia Indah Mayang, Elfrida, Elfrida, Hati, Gita Mutiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14360/1/SKRIPSI%20PDF%20SYLVIA%20INDAH%20M.S.%20%28A1B013002%29.pdf http://repository.unib.ac.id/14360/ |
Daftar Isi:
- Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada akademik tahun 2016/2017 berdasarkan Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah 17 Rencana Proses Pembelajaran yang tersedia pada semester 2 yang dirancang dan diterapkan oleh guru Bahasa Inggris di kelas sepuluh dan sebelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan daftar periksa dan wawancara sebagai instrumen. Daftar periksa terdiri dari 30 komponen dari sebuah Rencana Proses Pembelajaran, sedangkan wawancara terdiri dari beberapa pertanyaan untuk guruguru Bahasa Inggris yang terkait dengan penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris yang dirancang oleh para guru. Hasil daftar periksa menunjukkan bahwa hanya 2 Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris yang mengalami kategori sesuai, 12 Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris mengalami kategori kurang sesuai, dan 3 Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris mengalami kategori tidak sesuai. Selanjutnya, hasil wawancara menemukan bahwa banyak kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam merancang Rencana Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan tahap pembelajaran Pendekatan Ilmiah. Karena sebagian besar Rencana Proses Pembelajaran Bahasa Inggris yang telah dirancang oleh para guru kurang sesuai dengan kategori Kurikulum 2013, disarankan kepada guru-guru agar mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang Rencana Proses Pembelajaran yang lebih baik berdasarkan Kurikulum 2013.