THE EFFECT OF CLUSTERING TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRI TI NG ABILITY (A STUDY AT THE FIRST YEAR STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL NUMBER 8 BENGKULU IN ACADEMIC YEAR 2016/2017)

Main Authors: Sumartini, Sumartini, Puspita, Hilda, Zahrida, Zahrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14359/1/SKRIPSI%20SUMARTINI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14359/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah teknik clustering dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa tahun pertama di SMA negeri 8 Bengkulu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengaplikasikan metode quasi experimen dengan kelas MIA 2 dan kelas MIA 1 sebagai sampel. Kelas MIA 2 sebagai grup experimen yang berjumlah 24 siswa diajar dengan mengunakan teknik clustering dan MIA 1 sebagai kontrol grup yang berjumlah 26 siswa diajar dengan mengunakan teknik konvensional. Kedua grup pada mulanya diberi pre-test, diberi perlakuan dalam 8 kali pertemuan dan diberi post-test di akhir. Data yang didapat dihitung dengan mengunakan rumus t-test. Dari perhitungan mengunakan t-test, peneliti menemukan bahwa nilai t-count sebesar 2.07 dan nilai t-table sebesar 2.01. Untuk nilai t-count organisasi siswa sebesar 2.56, t-count isi sebesar 3.62, t-count coherensi sebesar 3.47. Dikarenakan t-count lebih besar dari pada t-table, ini berarti H diterima. Sebagai kesimpulan, teknik clustering dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Secara spesifik, teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam isi, organisasi,dan coherensi.