THE EFFECT OF CLUSTERING TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRI TI NG ABILITY (A STUDY AT THE FIRST YEAR STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL NUMBER 8 BENGKULU IN ACADEMIC YEAR 2016/2017)
Main Authors: | Sumartini, Sumartini, Puspita, Hilda, Zahrida, Zahrida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14359/1/SKRIPSI%20SUMARTINI.pdf http://repository.unib.ac.id/14359/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah teknik clustering dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa tahun pertama di SMA negeri 8 Bengkulu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengaplikasikan metode quasi experimen dengan kelas MIA 2 dan kelas MIA 1 sebagai sampel. Kelas MIA 2 sebagai grup experimen yang berjumlah 24 siswa diajar dengan mengunakan teknik clustering dan MIA 1 sebagai kontrol grup yang berjumlah 26 siswa diajar dengan mengunakan teknik konvensional. Kedua grup pada mulanya diberi pre-test, diberi perlakuan dalam 8 kali pertemuan dan diberi post-test di akhir. Data yang didapat dihitung dengan mengunakan rumus t-test. Dari perhitungan mengunakan t-test, peneliti menemukan bahwa nilai t-count sebesar 2.07 dan nilai t-table sebesar 2.01. Untuk nilai t-count organisasi siswa sebesar 2.56, t-count isi sebesar 3.62, t-count coherensi sebesar 3.47. Dikarenakan t-count lebih besar dari pada t-table, ini berarti H diterima. Sebagai kesimpulan, teknik clustering dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Secara spesifik, teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam isi, organisasi,dan coherensi.