ANALISIS EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU
Main Authors: | ARIANI, WINDA PRIMA, Kahar, Hakim, Roeliana, Loesida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14345/1/Skripsi%20WINDA%20PRIMA%20ARIANI.pdf http://repository.unib.ac.id/14345/ |
Daftar Isi:
- Efektivitas adalah ukuran sejauh mana tujuan dapat dicapai. Efektivitas merupakan unsur pokok aktivitas organisasi dalam mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Bila dilihat dari aspek segi keberhasilan pencapaian tujuan, maka efektivitas adalah memfokuskan pada tingkat pencapaian tujuan organisasi. Dalam hal ini Kecamatan adalah salah satu organisasi yang dibawah pemerintahan yang bertujuan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Namun kenyataannya masih ada Kecamatan yang belum melakukan pelayanan secara maksimal, ini di sebabkan cara kerja beberapa pegawai di Kecamatan belum bekerja secara efektif. Inilah yang membuat masyarakat bertanya apakah pegawai Kecamatan bekerja secara kualitas dan kuantitas atau ada hal lain yang membuat proses pelayanan kurang efektif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kerja pegawai di kantor Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu Jalan Air Sebakul Nakau, Kelurahan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling di dapatkan 4 orang informan dari pegawai Kecamatan dan 5 orang dari masyarakat. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aspek-aspek yang dibahas pada penelitian ini dimulai dari Kualitas, Kuantitas, Pelaksanaan tugas dan Tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari kualitas, pegawai Kecamatan Sungai Serut apa yang di kerjakan oleh pegawai tidak semuanya akurat dan belum konsisten dengan janjinya. Kuantitas, pegawai waktu menyelesaikan pekerjaan 1-2 hari, banyak pekerjaan di selesaikan sudah baik. Pelaksanaan tugas, pegawai menyikapi atau mencari solusi ketika di benturkan terhadap masalah dalam pelaksanaan tugas tidak semua ditanggapi, pegawai berkomunikasi lisan yang baik dan di mengerti dalam memberikan pesan/informasi, hasil kerja pegawai belum la sesuai yang di harapkan. Tanggung jawab, pegawai Kecamatan Sungai Serut selalu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan dan memahami kewajibannya masing-masing. Kata Kunci : Efektivitas, Kecamatan Sungai Serut, Pelayanan Publik