ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP USAHA PEMPEK “PAK RADEN” DI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Desteriana, Arizah, Priyono, Basuki Sigit, Purwoko, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14314/1/skripsi%20ARIZAH%20DESTERIANA%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/14314/ |
Daftar Isi:
- Pempek adalah produk olahan berbasis ikan yang diolah dengan mencampurkan bahan dasar utama daging ikan dan sagu. Masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis sikap dan perilaku konsumen terhadap usaha pempek Pak Raden di Kota Palembang Sumatera Selatan. 2) Mengetahui factor apa yang berpengaruh terhadap usaha pempek Pak Raden di Kota Palembang Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di industri khas Palembang usaha pempek Pak Raden dengan pertimbangan bahwa masyarakat Palembang merupakan konsumen pempek Pak Raden yang merupakan usaha pempek yang besar omset penjualannya dan terkenal di Kota Palembang. Penelitian dilaksanakan pada 1 februari 2017- 1 Maret 2017. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan accidental sampling yaitu sebanyak 96 sampel. Metode analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasikan sikap dan perilaku konsumen terhadap atribut Pempek Pak Raaden adalah analisis deskritif dan analisis Fishbein. Hasil analisi fishbein, secara keseluruhan sikap total konsumen (A ) > 0 atau bernilai positif dengan nilai total sebesar (5,69), yang berarti nilai sikap total konsumen berada pada nilai baik.. o Perilaku konsumen dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sikap total konsumen (A ) dan Norma Subjektif (SN). Hasil yang diperoleh untuk perilaku konsumen terhadap Pempek Pak Raden bernilai positif dengan nilai sebesar (6,945) yang membuktikan bahwa sikap konsumen yang hasilnya positif atau baik ada hubungan yang konsisten dengan perilaku konsumen yang juga menghasilkan nilai positif atau baik. Dan factor yang lebih berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen Pempek Pak Raden adalah Faktor social atau keluarga Keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh. (Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)