PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS DAN MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DI KELAS X IPA1 SMAN 1 KOTA BENGKULU

Main Author: DESTA BR GINTING, SARA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14274/1/SARA%20DESTA%20BR%20GINTING.pdf
http://repository.unib.ac.id/14274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan minat belajar siswa di Kelas X IPA1 SMAN 1 Kota Bengkulu setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing. Sebelum tindakan kelas dilakukan instrumen penelitian diujicobakan terlebih dahulu. Intrumen yang digunakan adalah soal tes evaluasi, dan angket minat belajar. Pengusaan konsep siswa dapat dilihat dari hasil tes evalusi siswa dan peningkatan persentase penguasaan konsep siswa. Data-data penelitian menunjukkan bahwa (a) persentase penguasaan konsep siswa 78,1% dan ketuntasan belajar klasikalnya 66,67% (b) pada siklus II terjadi peningkatan persentase penguasaan konsep siswa menjadi 81% dan ketuntasan belajar klasikal menjadi78,57% (c) pada siklus III daya persentase penguasaan konsep siswa meningkat lagi menjadi 91% dan ketuntasan belajar klasikalnya juga meningkat menjadi 100%. Minat belajar siswa dilihat dari kenaikan persentase minat siswa sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah tindakan. Skor total minat belajar siswa sebelum tindakan pembelajaran dengan model problem posing tipe pre-solusion posing adalah 1.346 (kategori berminat), dan dengan persentase 65% (kategori kuat). Setelah tindakan skor total minat siswa meningkat menjadi 1.355 (kategori berminat), dengan persentase 74% (kategori kuat). Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing dapat meningkatkan penguasaan konsep dan minat belajar siswa. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat membuat lembar diskusi siswa yang lebih menarik dan menantang siswa untuk berpikir lebih kritis. Kata kunci: Model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, penguasaan konsep, dan minat belajar