THE EFFECT OF USING GRAPHIC ORGANIZER TO STUDENTS’ WRI TI NG ABI LI TY (An Experimental Study of Eleventh Grade Students at SMA N 1 Bengkulu Utara)
Main Authors: | Juniarti, Kiki, Sofyan, Dedi, Kasmaini, Kasmaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14271/1/Thesis%20Kiki%20Juniarti%20%28A1B013020%29.pdf http://repository.unib.ac.id/14271/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari penggunaan Organizer Grafis terhadap kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas di SMAN 1 Bengkulu Utara. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampel berdasarkan tujuan, sehingga terdapat dua kelas IPA yang berjumlah 52 siswa sebagai sampel. Pre-test dan post-test digunakan sebagai instrumen dari penelitian ini. Kelompok pertama dalam penelitian ini dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan teknik organizer grafis dan kelompok kedua dijadikan sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan teknik biasa. Pre-test tersebut diberikan kepada kedua kelompok baik eksperimen maupun kontrol diawal pertemuan, perlakuan yang telah diberikan sebanyak enam kali, dan post-test yang telah diberikan diakhir proses penelitian terhadap kedua kelompok tersebut. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus t-test. Dari perhitungan tersebut, peneliti memperoleh bahwa nilai t-test adalah 5.00, derajat kebebasan 50, dan nilai tabel distribusi 3.49. Karena hasil t-test lebih tinggi dari tingkat t-tabel (5.00 > 3.49), maka hipotesis alternatif (H ) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Organizer Grafis mempengaruhi kemampuan menulis siswa dalam segi isi, organisasi, dan penggunaan bahasa. 1