KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU
Main Authors: | ANGGRAINI, RENSI, Roeliana, Loesida, Budiyono, Budiyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14266/1/Skripsi%2C%20Rensi%20Anggraini%2C%20Jurusan%20Ilmu%20Administrasi%20Negara%20FISIP%20UNIB.pdf http://repository.unib.ac.id/14266/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tentang Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu ialah untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena masalah yang sering terjadi ditengah-tengah masyarakat Indonesia saat ini. Pelayanan yang memuaskan dan berkualitas sangat diharapkan oleh masyarakat sebagai penerima pelayanan dan juga berangkat dari pentingnya pendaftaran administrasi kependudukan yang membuat setiap kepala keluarga wajib untuk memilki kartu keluarga sehingga peneliti mencoba meneliti lebih jauh tentang judul penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini hanya terdapat satu variabel yaitu tentang kualitas pelayanan pembuatan kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Penelitian ini mengadopsi teori Gaspersz (1997:2) dengan menggunakan delapan aspek penelitian yang digunakan peneliti untuk mengukur gambaran kualitas pelayanan di Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Gambaran hasil penelitian bahwa untuk aspek ketepatan waktu pelayanan belum berjalan dengan optimal karena belum konsistennya waktu pelayanan, untuk aspek akurasi pelayanan belum berjalan dengan optimal dikarenakan Kartu Keluarga yang diterima oleh masyarakat masih mengalami kesalahan, untuk aspek kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan petugas pelayanan sudah menunjukkan sikap melayani kepada masyarakat, untuk aspek tanggung jawab sudah berjalan dengan optimal karena petugas sudah menunjukkan rasa tanggung jawabnya kepada masyarakat, untuk aspek kelengkapan pendukung pelayanan sudah memadai dengan tersedianya komputer, printer dan blanko Kartu Keluarga, untuk aspek kemudahan dalam mendapatkan pelayanan sudah berjalan dengan optimal karena petugas sudah cepat dalam melayani masyarakat, untuk aspek keterbukaan informasi sudah optimal karena informasi mengenai pelayanan sudah tersedia, untuk aspek atribut pelayanan sudah tersedia dan memadai. Dengan demikian gambaran kualitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Bengkulu dapat dikatakan sudah baik namun belum bisa dikatakan sepenuhnya berkualitas karena masih banyak kendala-kendala yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu harus meningkatkan lagi mutu pelayanan agar dapat menuju pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kartu Keluarga