PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VIIB SMP NEGERI 1 CURUP

Main Author: BAHRI, SAIPUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14263/1/skripsi%20saipul%20pdf%20fiks.pdf
http://repository.unib.ac.id/14263/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 Maret sampai tanggal 10 Maret 2016 di kelas VIIIb SMP Negeri 1 Curup dengan subjek penelitian berjumlah 32 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep kalor dan perpindahannya. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan pendekatan saintifik dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil yaitu, pada siklus I sebesar 62,81% dengan kategori kritis, pada siklus II sebesar 70,63% dengan kategori kritis, pada siklus III sebesar 75,31% dengan kategori akhir kritis, hal ini menunjukkan bahwa pada setiap siklus, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan kategori akhir “kritis”.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning denagn pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Pendekatan saintifik, Model Discovery learning, kemampuan berpikir kritis.