PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIA-2 SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Main Author: MUTIA ANGGRAINI, RISTA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14254/1/Skripsi%20Rista%20Mutia%20Anggraini%20%28A1E012019%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14254/
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada konsep Fluida Statis. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk rata-rata pemahaman konsep indikator memberi contoh sebesar 11,6 pada siklus I, 20 pada siklus II dan 17,59 pada siklus III; indikator menjelaskan sebesar 23 pada siklus I, 16,61 pada siklus II, dan 27,59 pada siklus III; dan indikator membandingkan sebesar 35,04 pada siklus I, 41,43 pada siklus II dan 43,45 pada siklus III. Untuk rata-rata KPS indikator mengamati sebesar 10,40 pada siklus I, 7,68 pada siklus II dan 19,14 pada siklus III; mengajukan pertanyaan sebesar 15,20 pada siklus I, 20 pada siklus II dan 13,39 pada siklus III; membuat hipotesis sebesar 17,36 pada siklus I, 20 pada siklus II dan 16,14 pada siklus III; melaksanakan percobaan sebesar 17,6 pada siklus I, 18,57 pada siklus II dan 20 pada siklus III; dan berkomunikasi sebesar 15,20 pada siklus I, 17,07 pada siklus II dan 19,72 pada siklus III. Dari data tersebut model guided discovery dapat digunakan untuk meningkatkan beberapa indikator pemahaman konsep dan KPS. Kata kunci: Model Guided Discovery, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains