STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIF UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN BIODIVERSITY BAGI SISWAKELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU

Main Author: Karjiyati, Victoria
Format: Article PeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Bengkulu , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14239/1/JURNAL%20KARJIATI%20VOLUME%209%20NOMOR%202%2C%20AGUSTUS%202016.pdf
http://repository.unib.ac.id/14239/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sikap peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dan interaktif pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen II menggunakan model interaktif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan Uji-t dua sample independen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t tabel sebesar -0,06 lebih kecil dari pada t hitung sebesar 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sample independen diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap anatara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran interaktif. Kesimpulan dalam penelitian ini tidak terdapat perbedaan hasil belajar sikap peduli lingkungan dan pelestarian biodiversity antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model interaktif.