PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTERSISWA SD
Main Authors: | Karjiyati, Victoria, Endang, Widi Winarni, Feri, Noperman |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Bengkulu
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14237/1/JURNAL%20KARJIATI%20VOLUME%207%20NOMOR%202%2C%20NOVEMBER%202014.pdf http://repository.unib.ac.id/14237/ |
Daftar Isi:
- Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah memberikan alternatif pelaksanaanpendidikan matematika yang bermakna, sedangkan target khusus yang ingin dicapaadalah memperoleh model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME)untuk meningkatkan prestasibelajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Penelitian pengembangan dan penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun. Tahun pertama: (1)Mengidentifikasi dan mengembangkan konsep-konsep matematika dengan pendekatan RME; (2) Menyusunperangkat pembelajaran matematika model Quantum Teaching dengan pendekatan RME(3) Melakukan validasi model oleh pakar, (4) Melakukan validasi empiris pada 6 kelas d2 SD di Kota Bengkulu; (5) Revisi model pembelajaran dan instrumennya; dan (6)Seminar dan diseminasi melalui jurnal ilmiah. Berdasarkan simpulan diperoleh: (1)Kompetensi dasar matematika kelas IV, V,dan VI yang paling banyak dijadikan sebagaimateri untuk pembelajaran model Quantum Teaching dengan RME, (2) Materi-materpelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Quantum Teaching dengan RMEadalah sebagai berikut: (a) Pecahan, (b) penaksiran, (c) FPB dan KPK, (d) operasbilangan, (e) pengukuran sudut, waktu, suhu dan berat, (f) bangun datar, (g) bangunruang, (h) Konsep keliling dan luas, (i) konsep volume, (j) statistika sederhana, dan (k)pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika, dan (3) pembelajaran matematika dengan model Quantum Teaching dengan RME berdasarkanhasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa dapat meningkatkan pemahaman konsep,kreativitas dan pengembangan karakter siswa SD. Berdasarkan saran diperoleh: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik menggunakanmedia pembelajaran yang bisa diotak-atik atau di bongkar pasang oleh siswa, (2) dalampelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching guru hendaknya mengalokasikan waktu lebih lama pada tahap alami, namai dan demostrasikan dan (3) Pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik jika menjalin kerja sama dengan Prodi PGSDuntuk pemanfaatan laboratorium matematika sebagai sumber belajar.