ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA ARGAMAKMUR

Main Authors: Ramadhan, M Febi, Tarigan, Jarto, Yasben, Mirza
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14219/1/M%20FEBI%20RAMADHAN%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14219/
Daftar Isi:
  • Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur ialah salah instansi pemerintah yang bergerak dibidang perpajakan. Salah satu pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Argamakmur ialah pelayanan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ialah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Semakin banyak masyarakat yang mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maka penerimaan Negara akan pajak semakin besar. Untuk membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tentunya masyarakat akan bersentuhan langsung dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui kualitas pelayanan yang di lakukan oleh instansi pemerintah ini dalam pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak. Kualitas pelayanan yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Argamakmur dapat dilihat dari dimensi tangible (wujud nyata), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan empathy (empati). Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta teknik pemilihan informan menggunakan teknik pusposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur serta masyarakat penerima layanan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan kualitas pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kantor Pelayanan pajak Argamakmur yang dilihat dari dimensi aspek tangible (wujud nyata) belum berkualitas sedangkan untuk aspek reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan empathy (empati) sudah berkualitas sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan. Agar pencapaian bagus ini terus bertahan, setiap pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur hendaklah terus bekerja keras melakukan yang terbaik dalam melayani masyarakat yang ingin membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, NPWP.