THE EFFECT OF SUBTITLED ANIMATED CARTOON VIDEOS ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AND THE EFFECT OF SUBTITLED ANIMATED CARTOON VIDEOS ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AND THE EFFECT OF SUBTITLED ANIMATED CARTOON VIDEOS ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AND VOCABULARY MASTERY VOCABULARY MASTERY VOCABULARY MASTERY (A Quasi Experimental Study at the Sixth Grade Students of SDIT AlHasanah Kota Bengkulu)

Main Authors: Pelani, Gustian, Suwarno, Bambang, Dharmayana, I Wayan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14216/1/THESIS%20_Gustian%20Pelani_.pdf
http://repository.unib.ac.id/14216/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmenginvestigasiapakahpenggunaan media kartunanimasiber-subtitleberpengaruh terhadappemahamanmembacadan untukmengetahuipadaaspekaspekapa sajadalam pemahaman membaca kelas eksperimendan kelaskontrolberbeda.Populasimencakup semua siswa kelas enam SDIT Al Hasanah Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yangterdiridari77 siswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 52 siswa yang diambil dari dua kelas. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan media kartun animasi dengan bimodal subtitle, sedangkan kelas kontrol mendapatkan perlakuan dengan menggunakan kartun animasi tanpa subtitle. Sebuah pre-test diberikan pada kedua kelas tersebut sebelum diadakan perlakuan. Data dianalisa dengan menggunakan SPSS 16. Hasil menunjukkan bahwa, pertama, ada perbedaan signifikan secara statistik antara dua kelompok dalam pemahaman membaca.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi ber-subtitle dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kedua, untuk aspek-aspek dari pemahaman membaca, kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda pada aspek literal. Namun, pada aspek inferen tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, direkomendasikan untukmenggunakan media video kartunanimasiber-subtitleuntuk membantu gurudalam pengajaran pemaham membaca.