PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII2 SMPN 4 KOTA BENGKULU

Main Author: FERMATA SARI, ANITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14186/1/ANITA%20FERMATA%20SARI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14186/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Pengetahuan siswa pada konsep Kalor yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII2 SMPN 4 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk keterampilan proses sains dan pengetahuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 70 dalam kategori Baik, siklus II sebesar 80 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 90 dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 76% dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70% (tuntas dalam kategori baik), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 82% dan ketuntasan belajar sebesar 73% (tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 87% dan ketuntasan belajar sebesar 88% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar pengetahuan siswa pada konsep kalor. Kata kunci: Model Guided Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Pengetahuan Siswa.