PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU
Main Author: | MIEHAR YATI, NENGSI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14183/1/SKRIPSII.pdf http://repository.unib.ac.id/14183/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep getaran dan gelombang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas belajar dan lembar tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 15 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 19 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 21 dalam kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 65,38% belum tuntas, siklus II sebesar 73.07% belum tuntas, dan siklus III sebesar 88,46% tuntas dengan skor rata-rata siklus I, II dan III mencapai > 72. Standar Deviasi pada siklus I sebesar 9,06, siklus II sebesar 8,26, dan siklus III sebesar 6,52. Nilai dalam menerapkan tahapan dan indikator kemampuan pemecahan masalah siswa, yaitu: tahapan mengenali masalah pada siklus I sebesar 76,1, siklus II sebesar 682,9 dan siklus III sebesar 88,46 dengan kategori akhir tingi, tahapan merencanakan strategi pada siklus I sebesar 66,3, siklus II sebesar 62,8, dan siklus III sebesar 63,46, dengan kategori akhir sedang, tahapan menerapkan strategi pada siklus I sebesar 75, siklus II sebesar 83,9 dan siklus III sebesar 92,30 dengan kategori akhir tinggi, tahapan mengevaluasi solusi pada siklus I sebesar 73,1 %, siklus II sebesar 80,1, dan siklus III sebesar 88,46 dengan kategori akhir tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Model creative problem solving, aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah.