LEARNE RS’ N EEDS ANAL Y SIS OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES OF CULINARY DEPARTMENT STUDENTS AT SMKN 3 BENGKULU

Main Authors: AYUTAMI A, ANNISA, Harahap, Alamsyah, Syahrial, Syahrial
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14170/1/skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/14170/
Daftar Isi:
  • Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan mengetahui apa saja kebutuhan pembelajaran siswa yang tidak tersedia didalam buku pembelajaran yang digunakan. Subjel penelitian ini adalah siswa Tata Boga SMKN 3 Kota Bengkulu kelas 10, guru bahasa Inggris yang mengajar di jurusan Tata Boga, alumni dari jurusan Tata Boga, dan para pengguna bahasa Inggris di bidang kuliner atau Tata Boga. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kebutuhan siswa untuk menemukan apa saja kebutuhan dan keinginan siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, daftar pertanyaan wawancara, dan buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan Bahasa Inggris siswa adalah materi pembelajaran yang sesuai dengan jurusan mereka dan aktifitas yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Untuk kebutuhan yang tidak tersedia adalah materi yang memuat lebih banyak kosakata yang berhubungan dengan tata boga, contoh teks dan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa, dan aktifitas pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif.