EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KEMBANG SERI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Main Authors: Sepriawan, Eri, Aminudin, Achmad, Hardayani, Yorry
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14169/1/Skripsi%20ERI%20SEPRIAWAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/14169/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyakarat Di Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyakarat Di Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah, dan mengetahui apa saja kendala- kendala yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyakarat Di Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah adalah ketepatan pelayanan kesehatan masyarakatsesuai dengan ketepatan sasaran, ketepatan waktu dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Pelayanan kesehatan Masyarakat di puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah sudah efektif. Dalam hal pelayanan serta tujuan dari pelaksanaan program posyandu sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya. Secara teknis telah sesuai dengan prosedur yang ada sehingga tidak lari dari proses pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat. Namun Didalam pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan himbauan yang diabaikan masyarakat atau kurang berpatisipasinya mereka dalam beberapa kegiatan dari program yang ada diposyandu. Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara menyeluruh dan terpadu sehingga dijadikan sebagai tulang punggung dalam tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Selanjutnya untuk Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah harus dapat memaksimalkan pelayanan dengan baik dan efisien agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara menyeluruh dan terpadu. Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan, Kesehatan Masyakarat, Puskesmas, Bengkulu