EFEKTIVITAS PELAYANAN KB GRATIS DI WILAYAH KAMPUNG SEJAHTERA KELURAHAN SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU TAHUN 2016 ( Studi Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu )
Main Authors: | HARLINA, EKA, Suharto, Sugeng, Alimansyah, Alimansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14162/1/Skripsi%20dan%20Jurnal%20EKa%20Harlina.pdf http://repository.unib.ac.id/14162/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas dari pelayanan KB Gratis di Kampung Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Pelayanan KB Gratis Diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana pengambilan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini terdiri dari 5 informan utama yang merupakan Tim pelaksana Pelayanan KB gratis di Kampung Sejahtera dan 10 orang peserta KB di Kampung sejahtera. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan belum sepenuhnya berjalan efektif bila dilihat dari 4 aspek penelitian yakni ketepatan tujuan, ketepatan waktu, ketepatan sasaran dan tepat guna. Kampung sejahtera merupakan kampung KB yang dipilih karena kepadatan penduduk serta angka kemiskinan yang tinggi dan daerah kumuh, namun kenyataanya masih banyak masyrakat yang belum mendapatkan pelayanan tersebut. Pemanfaatan Mobil Unit layanan Sebagai media sosialisasi dari Keluarga berencana (KB ) dan Pelaksanaan Pelayanan KB Gratis tidak dipergunakan secara efektif ,hal ini dilihat dari jadwal yang tidak menentu dan kurangnya sosialisasi. Untuk itu penginformasian jadwal pelaksanaan layanan dan sosialisasi yang efektif sangat penting untuk diperhatikan baik secara langsung atau media elektronik. Kata Kunci : Efektivitas, pelayanan, KB, Mobil Unit Layanan.