PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIIG PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Main Author: RESININGTIAS, MEGA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14147/1/SKRIPSI-MEGA-RESININGTIAS-A1E012009.pdf
http://repository.unib.ac.id/14147/
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Kelas VIIG di SMPN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar dan KPS siswa pada materi suhu dan perubahannya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIG yang berjumlah 35 orang. Data diperoleh dari tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan atau tes soal pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 78,37%, ketuntasan belajar sebesar 85,71% (tuntas), nilai rata-rata sikap 93,51, dan nilai rata-rata keterampilan kinerja 85,71. Pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 77,14%, ketuntasan belajar sebesar 85,71% (tuntas), nilai rata-rata sikap 93,77, dan nilai rata-rata keterampilan kinerja 85,95. Pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 77,14%, ketuntasan belajar sebesar 80,00% (tuntas), nilai rata-rata sikap 92,21, dan nilai rata-rata keterampilan kinerja 87,62. Nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains pada siklus I sebesar 73,81; pada siklus II sebesar 74,76 dan meningkat pada siklus III sebesar 77,50. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 29,00 dalam kategori amat baik, siklus II sebesar 29,50 dalam kategori amat baik, dan siklus III sebesar 30,50 dalam kategori amat baik. Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas VIIG pada materi suhu dan perubahannya di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan teknik pengumpulan data yang lebih lengkap (observasi, angket dan wawancara) untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan kinerja serta waktu yang cukup lama agar dapat melihat hasil yang maksimal. Kata kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains (KPS).