PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SISWA DI KELAS X MIPAC SMA N 6 KOTA BENGKULU

Main Authors: Rahmah Sari, Frisa, Fransisca, Connie, Risdianto, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14093/1/Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/14093/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan unjuk kerja dan sikap ilmiah siswa pada konsep suhu dan kalor. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPAC yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes untuk pemahaman konsep, lembar observasi untuk aktivitas siswa dan guru, keterampilan unjuk kerja serta sikap ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah 80,8 (predikat baik), pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83 (predikat baik) dan nilai rata-rata siklus III 88,8 (predikat sangat baik). Nilai rata-rata keterampilan unjuk kerja siswa pada siklus I adalah 73,14 (predikat baik), pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,61 (predikat baik) dan siklus III sebesar 86 (predikat sangat baik). Skor sikap ilmiah pada siklus I sebesar 12,83 (predikat cukup), meningkat pada siklus II sebesar 13,97 (predikat baik) dan terus meningkat pada siklus III sebesar 14,98 (predikat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berorientasi keterampilan proses sains dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan unjuk kerja dan sikap ilmiah siswa.