UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING MODEL PADA KONSEP CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 03 PADANG JAYA

Main Author: HAROKY, FARUQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14087/1/faruq%20haroky%20A1E010025.pdf
http://repository.unib.ac.id/14087/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan kamampuan pemecahan belajar siswa pada konsep cahaya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Padang Jaya yang berjumlah 24 siswa. Data diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perancanaan, pelaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 31,5 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 32,5 dalam kategori cukup, dan siklus III sebesar 37 dalam kategori baik. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 31,5 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 33,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 38 dalam kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 48,2%, pada siklus II diperoleh rata-rata 58,1%, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 71,4%. Kesimpulannya, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning (PBL)