PENERAPAN MODEL DISKOVERI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS VIIIG SMPN 7 KOTA BENGKULU
Main Author: | ERLIANTI, ERLIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14086/1/skripsi%20fix.pdf http://repository.unib.ac.id/14086/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan proses sains siswa pada konsep cahaya.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIG yang berjumlah 26 orang. Data yang diperoleh dari tes, lembar observasi dan angket dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil ditunjukkan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata skor sebesar 31,5 dalam kategori baik, siklus II sebesar 35,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 37,0 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 79,81% dan ketuntasan belajar sebesar 88,00% (tuntas)menurun pada siklus II dengan daya serap siswa sebesar 70,83% dan ketuntasan belajar sebesar 70,83% (belum tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 87,69% dan ketuntasan belajar sebesar 92,00% (tuntas). Hasil keterampilan proses sains siswa yang meningkat pada penelitian ini adalah aspek mengamati dan mengukur. Tingkat keberhasilan keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 40% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,50%, kembali mengalami peningkatan pada siklus III hingga 92,31%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model diskoveri terbimbing dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan proses sains pada aspek mengamati dan mengukur. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, , Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, dan keterampilan proses sains