PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X7 PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Main Author: ARIFAH, AZIZATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14074/1/SKRIPSI%20AZIZATUL%20ARIFAH.pdf
http://repository.unib.ac.id/14074/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas guru, dan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X7 berjumlah 34 orang yang terdiri dari 16 siswa lakilaki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 33 dalam kategori baik, siklus II sebesar 34,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 36,5 dalam kategori baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 32,5 dalam kategori baik, siklus II sebesar 33,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 36 dalam kategori baik. Sedangkan hasil perolehan untuk nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 72,94 dengan kategori kritis dan mengalami penurunan pada siklus I menjadi 60,44 dengan kategori cukup kritis, pada siklus III sebesar 75,44 dengan kategori kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa walaupun pada kemampuan berpikir kritis siswa hasilnya mengalami penurunan pada siklus II. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Aktivitas Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis