REAKSI PASAR TERHADAP PERISTIWA PELANTIKAN JOKOWI-JK SEBAGAI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN (Studi pada Perusahaan yang Memiliki Afiliasi dengan Partai Politik)

Main Author: Husaini, Husaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14032/1/Skripsi_a-_Eko_Fadlullah_%28C1C011053%29%5B1%5D.pdf
http://repository.unib.ac.id/14032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan reaksi pasar antarasebelum dan saat peristiwa pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakilpresiden RI tahun 2014 dan juga untuk menguji perbedaan reaksi pasar antaraperusahaan yang memiliki afiliasi politik dan perusahaan yang tidak memilikiafiliasi politik dengan presiden terhadap peristiwa tersebut dengan menggunakanparameter abnormal return dan trading volume activity. Sampel penelitian iniadalah perusahaan yang terdaftar dalam index LQ-45 untuk periode perdaganganAgustus 2014 sampai dengan Januari 2015 yang berjumlah keseluruhan 45perusahaan, yang terdiri dari 14 perusahaan yang memiliki afiliasi politik dan 31perusahaan yang tidak memiliki afiliasi politik dengan presiden. Pengujianperbedaan reaksi pasar antara sebelum dan saat peristiwa dilakukan dengan alatuji Paired Samples T Test, sementara pengujian perbedaan reaksi pasar antaraperusahaan yang memiliki afiliasi politik dan perusahaan yang tidak memilikiafiliasi politik dengan presiden dilakukan dengan alat uji Independent samples TTest. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan reaksi pasar dilihat dari parameter abnormal return dan trading volume activityantara sebelum dan saat peristiwa, akan tetapi tidak terdapat perbedaaan abnormal return dan trading volume activity di sekitar peristiwa pelantikan Jokowi-JKantara perusahaan yang memiliki afiliasi politik dan perusahaan yang tidakmemiliki afiliasi politik dengan presiden. Kata kunci: market reaction, abnormal return, trading volume activity.