AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Main Authors: Ardiansyah, Febri, Hasan, Pribadi, Lipneldi, Lipneldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1400/1/I%2CII%2CIII%2CII-13-feb-FS-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1400/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-13-feb-FS-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1400/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan aspek dan dinamika sosial yang terjadi di masyarakat yaitu aspek akuntabilitas dalam pelayanan publik, sehingga metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analysis data model analisis interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu masih belum memuaskan. Hal ini terlihat dari berbagai indikatornya yaitu penggunaan acuan pelayanan yang belum jelas, prioritas atau orientasi pelayanan bukan pada kepentingan publik dan pemberian solusi yang tidak berimbang, dalam arti masih mengharapkan imbalan dari pengguna jasa. Kondisi akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Selebar tersebut dipengaruhi oleh budaya paternalisme yang masih dipegang kuat oleh aparat dan msyarakat. Budaya tesebut yang menyebabkan faktor etika dan kontrol masyarakat tidak berfungsi dengan baik. Masih rendahnya kontrol publik, baik dari masyarakat pengguna jasa maupun dari unsur organisasi sosial kemasyarakatan yang ada, Hal ini berakibat setiap kekurangan atau kesalahan yang diperbuat oleh birokrasi belum ditindaklanjuti dan di antisipasi dengan benar sehingga akuntabilitas demi tercapainya perbaikan sangat sulit terlaksana.