PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS GURU SERTA SISWA DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN KELAS VII 2 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Main Author: FEBRIANI, RISKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13990/1/SKRIPSI%20RISKA%20FEBRIANI.pdf
http://repository.unib.ac.id/13990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui gambaran aktifitas guru dan siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 kota Bengkulu dalam pembelajaran pada materi Energi Dalam Sistem Kehidupan dengan menggunkan model Discovery Learning dan 2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas VII 2 SMPN 1 Kota Bengkulu setelah diterapkannya model Discovery Learning pada materi pelajaran Energi Dalam Sistem Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahap yaitu rencana, aksi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPA dan Siswa kelas VII 2 SMPN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Instrument yang digunakan lembar observasi yang dianalisis menggunakan rata-rata dan persentase. Tes dianalisis menggunakan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasilnya adalah 1) Perbaikan dengan menerapkan model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPA di kelas VII 2 SMPN Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada pokok bahasan Energi dalam Sistem Kehidupan. 2) Perbaikan dengan menerapkan model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran IPA di Kelas VII 2 SMPN 1 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada pokok bahasan Energi Dalam Sistem Kehidupan. Kata kunci : Hasil Belajar dan Aktifitas, Model Discovery Learning