PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Main Author: RIANTO, IRPAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13963/1/SKRIPSI%20%28IRPAN%20RIANTO%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/13963/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Variabel penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 29 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31,5 (Baik). Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 29 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 31,5 (Baik). Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 83,3% yang termasuk kedalam kriteria belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 88,8% dan termasuk dalam kriteria tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Bengkulu Tengah. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi