PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN INFERENSI SISWA KELAS VIIG SMPN 10 KOTA BENGKULU
Main Author: | LALA UTAMI, FATANAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13933/1/SKRIPSI%20FATANAH%20LALA%20UTAMI.pdf http://repository.unib.ac.id/13933/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penerapan model discovery learning yang dilakukan gurudan keterampilaninferensi siswa kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptifyang dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus PTK terdiri atas empat tahap yaitu penyusunan rencana, pelaksanaan, observasi, refleksi.Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulutahun ajaran 2015/2016 dan peneliti sebagai guru.Variabel penelitian ini adalah model discovery learning dan keterampilan inferensi. Teknik yang digunakanuntuk mengumpulkan data pembelajaran discovery learning adalah observasi menggunakan lembar observasi dalam bentuk skala penilaian dengan tiga kategori yaitu baik, cukup, dan kurang.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan inferensi siswa adalah penilaian terhadap kinerja kelompok dalam membuat inferensi pada lembar kegiatan siswadalam bentuk skala penilaian dengan rubrik.Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru di kelasVIIG SMPN 10 Kota Bengkulu pada materi Sistem Organisasi Kehidupan tergolong baik dan meningkat dari siklus I dengan rerata 30 ke siklus II dengan rerata 33. Keterampilan inferensi siswa kelas VIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulupada materi Sistem Organisasi Kehidupan mengalami peningkatan dari siklusI dengan rerata skoryaitu 52,3 pada materi Sel Tumbuhan ke siklus II dengan rerata skor yaitu 76,3 pada materi Sel Hewan. Persentase ketuntasan keterampilan inferensi siswa sebelum PTK dengan menggunakan pembelajaran STAD yaitu 35% mengalami peningkatan dengan pembelajaran DL di siklus I yaitu 50% dan siklus II yaitu 83,4%. Kata kunci:Discovery Learning, Keterampilan Inferensi, IPA SMP